11 Nov 2018

Yuk Kelola Keuanganmu Dengan Aplikasi Ini


Sebagai manusia yang hidup di jaman yang serba praktis kita semua dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman. Dalam segala aspek semua kegiatan kita bias dikerjakan dengan lebih mudah tanpa ribet. Belanja via online tanpa capek berjalan menyusuri mall, transfer via m-Banking tanpa ribet harus ke bank ataupun mesin ATM. Bahkan sekarang kita bisa melakukan Spa ataupun perawatan di rumah hanya dengan booking via aplikasi. Wow! Semua bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman. Praktis sekali bukan?

Dalam artikel kali ini aku ingin sharing tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Tentu saja dengan cara yang simple. Yups, mari kita berkenalan dengan aplikasi Home Budget. Aplikasi ini bisa di install secara gratis di Play Store maupun App Store. Aplikasi ini sangat membantu bagi kamu yang kesulitan untuk mencatat ataupun mengelola keuangan bulanan.  

Don’t worry, aku bakalan kasih penjelasan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Yuks simak di bawah ini. Pertama yang wajib kamu lakukan adalah install aplikasi Home Budget di gadget kamu. Home Budget memiliki dua versi. Versi free dan versi berbayar. 




Nah, kita bisa install yang versi free saja teman-teman. Heheh…(Kalo ada yang gratis kenapa mesti bayar). Setelah Home Budget selesai ter-install maka tampilan dashboard atau tampilan awalnya adalah seperti di bawah ini.



Nah, mungkin masih banyak yang belum tahu apa sih pengertian istilah-istilah di atas. Mari simak penjelasannya di bawah ini beserta cara menggunakan semua fitur-fitur di Home Budget.

1. Accounts

Fitur ini digunakan untuk memasukan transaksi berupa kredit, debit, cash, atau bahkan tabungan kamu (savings).  Contoh : Kamu ingin menambahkan uang tabunganmu ke dalam Accounts, maka klik tanda plus di pojok kiri atas. Perhatikan gambar di bawah ini.




Kolom Name kamu bisa isi dengan nama Tabungan atau terserah menggunakan bahasa kamu sendiri. Kolom Type kamu bisa pilih Savings, Credit, Debit, Cash, ataupun yang lain sesuai kebutuhan kamu. Jangan lupa pilih IDR pada kolom Currency karena menggunakan mata uang Indonesia. Lalu isi jumlah uang yang akan di masukkan pada kolom Balance. Misal kamu menabung sejumlah Rp. 3000.000 dan klik Save.

2. Budget

Fitur ini digunakan untuk memasukkan rincian budget setiap bulan. Mulai dari budget untuk membeli kebutuhan pakaian, makanan, internet, obat-obatan dan sebagainya. Ada banyak kategori dalam fitur Budget. Bahkan kamu bisa menambahkan kategori sesuai kebutuhan kamu. Misalnya kamu ingin menambahkan budget sejumlah Rp. 1000.000 untuk membeli kebutuhan pakaian. Kamu bisa pilih kategori Departmental lalu pilih Clothing.  Pada Cycle Start Date baiknya pilih tanggal di awal bulan. Lalu klik Save. 




Kamu juga bisa menambahkan sub kategori sesuai kebutuhan. Cek gambar dibawah ini untuk lebih singkatnya.





3. Income

Fitur ini digunakan untuk memasukan keuanganmu  berupa pendapatan. Misal gaji, laba usaha, pendapatan sewa, atau mungkin jika kamu diberi uang tambahan oleh orang tua ataupun saudara. Kamu bisa memasukkannya ke dalam fitur Income.  
Untuk menambahkan Income kamu bisa klik tanda plus di pojok kiri atas. Isi kolom Description sesuai kebutuhan. Misal kamu menerima gaji sebesar Rp. 5000.000. Isi juga tanggal dimana kamu menerima gaji tersebut. Jika Income gaji tersebut akan kamu tambahkan pada tabungan kamu, maka pilih Add Income to –Tabungan. Lalu klik Save.




4. Bills

Fitur Bills digunakan untuk memasukkan segala jenis tagihan. Baik berupa hutang maupun piutang (jika kamu memberi hutang pada orang lain).
Misal kamu memiliki hutang sebesar Rp. 300.000 dengan temanmu sebut saja Mita. Pada kolom Payee kamu bisa input data teman kamu tersebut. Jika kamu belum memiliki list Payee maka kamu diharuskan menginputnya terlebih dahulu. Lalu kolom Due on adalah tanggal dimana hutang tersebut akan dibayarkan. Lalu klik Save. 


Seperti yang terlihat dalam gambar, akan nada rincian tagihan dengan status Unpaid (belum dibayar). Lalu bagaimana jika tagihan tersebut sudah dibayarkan? Caranya gampang! Klik rincian tagihan yang akan di bayar. Pilih Make Payment. Pilih kategori. Jika kamu meminjam uang untuk membayar tagihan listrik maka pilih kategori Utilities. Pada contoh gambar dibawah ini hanya ilustrasi saja. 


Lalu klik save. Maka status tagihan akan berubah jadi Paid atau sudah dibayar.





5. Expenses

Fitur ini digunakan untuk memasukan segala jenis pengeluaran. Bahkan kamu bisa upload struck belanja kamu di kolom Receipt. Kamu bisa pilih kategori sesuai dengan jenis pengeluaranmu. Jangan lupa pilih Pay from dimana kamu membayar pengeluaran tersebut. Lalu klik Save.




Setelah semua fitur sudah digunakan dengan benar maka kamu bisa melihat berapa persen pngeluaran dari budget yang sudah ditentukan serta berapa sisa budget yang tersisa. Kamu juga bisa melihat report keuangan kamu secara keseluruhan dengan memilih fitur Report di bagian bawah.


Bagaimana? Mudah bukan? Tidak ada lagi kata ribet dalam mengelola keuangan. Sudah ngga jaman corat-coret di buku untuk menulis pengeluaran bulanan kamu. Dengan aplikasi ini kamu bisa lebih mudah mengatur keuanganmu. Silakan mencoba dan terima kasih sudah membaca artikelku yang sederhana ini. Salam sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar