Dalam artikel kali ini aku ingin sharing tentang bagaimana
cara mengelola keuangan dengan baik. Tentu saja dengan cara yang simple. Yups,
mari kita berkenalan dengan aplikasi Home Budget. Aplikasi ini bisa di install secara
gratis di Play Store maupun App Store. Aplikasi ini sangat membantu bagi kamu
yang kesulitan untuk mencatat ataupun mengelola keuangan bulanan.
Don’t worry, aku bakalan kasih penjelasan bagaimana cara
menggunakan aplikasi ini. Yuks simak di bawah ini. Pertama yang wajib kamu lakukan adalah install aplikasi Home
Budget di gadget kamu. Home Budget memiliki dua versi. Versi free dan versi
berbayar.
Nah, kita bisa install yang versi free saja teman-teman. Heheh…(Kalo ada yang gratis kenapa mesti bayar). Setelah Home Budget selesai ter-install maka tampilan dashboard atau tampilan awalnya adalah seperti di bawah ini.
Nah, kita bisa install yang versi free saja teman-teman. Heheh…(Kalo ada yang gratis kenapa mesti bayar). Setelah Home Budget selesai ter-install maka tampilan dashboard atau tampilan awalnya adalah seperti di bawah ini.
Nah, mungkin masih banyak yang belum tahu apa sih pengertian
istilah-istilah di atas. Mari simak penjelasannya di bawah ini beserta cara
menggunakan semua fitur-fitur di Home Budget.
1. Accounts
Fitur ini digunakan untuk memasukan
transaksi berupa kredit, debit, cash, atau bahkan tabungan kamu (savings). Contoh : Kamu ingin menambahkan uang
tabunganmu ke dalam Accounts, maka klik tanda plus di pojok kiri atas. Perhatikan
gambar di bawah ini.
Kolom Name kamu bisa isi dengan nama
Tabungan atau terserah menggunakan bahasa kamu sendiri. Kolom Type kamu bisa pilih Savings, Credit,
Debit, Cash, ataupun yang lain sesuai kebutuhan kamu. Jangan lupa pilih IDR
pada kolom Currency karena menggunakan mata uang Indonesia. Lalu isi jumlah
uang yang akan di masukkan pada kolom Balance. Misal kamu menabung sejumlah Rp.
3000.000 dan klik Save.
2. Budget
Fitur ini digunakan untuk memasukkan
rincian budget setiap bulan. Mulai dari budget untuk membeli kebutuhan pakaian,
makanan, internet, obat-obatan dan sebagainya. Ada banyak kategori dalam fitur
Budget. Bahkan kamu bisa menambahkan kategori sesuai kebutuhan kamu. Misalnya
kamu ingin menambahkan budget sejumlah Rp. 1000.000 untuk membeli kebutuhan
pakaian. Kamu bisa pilih kategori Departmental lalu pilih Clothing. Pada Cycle Start Date baiknya pilih tanggal di
awal bulan. Lalu klik Save.
Kamu juga bisa menambahkan sub kategori sesuai
kebutuhan. Cek gambar dibawah ini untuk lebih singkatnya.
3. Income
Fitur ini digunakan untuk memasukan
keuanganmu berupa pendapatan. Misal
gaji, laba usaha, pendapatan sewa, atau mungkin jika kamu diberi uang tambahan
oleh orang tua ataupun saudara. Kamu bisa memasukkannya ke dalam fitur Income.
Untuk menambahkan Income kamu bisa klik
tanda plus di pojok kiri atas. Isi kolom Description sesuai kebutuhan. Misal
kamu menerima gaji sebesar Rp. 5000.000. Isi juga tanggal dimana kamu menerima
gaji tersebut. Jika Income gaji tersebut akan kamu tambahkan pada tabungan
kamu, maka pilih Add Income to –Tabungan. Lalu klik Save.
4. Bills
Fitur Bills digunakan untuk memasukkan
segala jenis tagihan. Baik berupa hutang maupun piutang (jika kamu memberi hutang
pada orang lain).
Misal kamu memiliki hutang sebesar Rp.
300.000 dengan temanmu sebut saja Mita. Pada kolom Payee kamu bisa input data
teman kamu tersebut. Jika kamu belum memiliki list Payee maka kamu diharuskan
menginputnya terlebih dahulu. Lalu kolom Due on adalah tanggal dimana hutang
tersebut akan dibayarkan. Lalu klik Save.
Seperti yang terlihat dalam gambar, akan nada rincian tagihan dengan status Unpaid (belum dibayar). Lalu bagaimana jika
tagihan tersebut sudah dibayarkan? Caranya gampang! Klik rincian tagihan yang
akan di bayar. Pilih Make Payment. Pilih kategori. Jika kamu meminjam uang
untuk membayar tagihan listrik maka pilih kategori Utilities. Pada contoh
gambar dibawah ini hanya ilustrasi saja.
Lalu klik save. Maka status tagihan akan berubah jadi Paid atau sudah dibayar.
Lalu klik save. Maka status tagihan akan berubah jadi Paid atau sudah dibayar.
5. Expenses
Fitur ini digunakan untuk memasukan segala
jenis pengeluaran. Bahkan kamu bisa upload struck belanja kamu di kolom
Receipt. Kamu bisa pilih kategori sesuai dengan jenis pengeluaranmu. Jangan
lupa pilih Pay from dimana kamu membayar pengeluaran tersebut. Lalu klik Save.
Setelah semua fitur sudah digunakan dengan
benar maka kamu bisa melihat berapa persen pngeluaran dari budget yang sudah
ditentukan serta berapa sisa budget yang tersisa. Kamu juga bisa melihat report
keuangan kamu secara keseluruhan dengan memilih fitur Report di bagian bawah.
Bagaimana? Mudah bukan? Tidak ada lagi kata
ribet dalam mengelola keuangan. Sudah ngga jaman corat-coret di buku untuk
menulis pengeluaran bulanan kamu. Dengan aplikasi ini kamu bisa lebih mudah
mengatur keuanganmu. Silakan mencoba dan terima kasih sudah membaca artikelku
yang sederhana ini. Salam sukses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar